Thursday, October 2nd, 2014
Breaking News
You are here: Home >> Teknologi >> Berbagai macam Web Browser

Berbagai macam Web Browser

web browserMau googling, facebooking, atau twittering, kita perlu alat bantu yang namanya web browser alias penjelajah web. Kalo gak pake browser, kita kerepoten mengakses sumber informasi yang dikenal sebagai Uniform Resource Identifier (URI). Dan hari gini, macam-macam browser merajalelal di dunia maya. Dari yang populer sampe yang new comer. Penjelajah web pertama bernama bernama WorldWideWeb (tanpa spasi) diciptakan Tim Berners-Lee. Nama penjelajah tersebut kemudian diubah menjadi Nexus. Selanjutnya, perkembangan web browser melahirkan beberapa penjelajah web yang paling banyak dipake. Diantaranya:

1.Netscape Navigator,

Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications(NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Pada tahun 1999, Netscape Corporation diakusisi oleh America Online (AOL), dan proyek Gecko yang sedang dibuat oleh Netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah Netscape mendirikan proyek Mozilla.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa Netscape Navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozilla Firefox.

2.Internet Explorer

Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.

3.Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan.

4.Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.

Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai versi 9 yang bisa diunduh gratis. Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.

5.Safari

Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web default. Pada 11 Juni 2007, versi preview untuk Windows dari Safari diperkenalkan pada Konferensi Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.

6.Google crome

Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa.

7.Flock

Flock, browser berbasis situs komunitas. Browser yang mengambil teknologi Firefox ini memang menjadikan halaman awalnya sebagai penyedia beberapa situs vendor berbasis situs atau media untuk komunitas.

Itulah diantaranya beberapa web browser yang cukup populer di kalangan pengguna internet. Kalo diulik lagi, masih banyak web browser lain dengan kelebihan masing-masing. Yang pasti, mana aja yang mau dipake, pastikan kita nyaman saat menjelajah dunia maya. Nggak terganggu oleh pesan error atau not responding yang bikin bete. Selamat mencoba! [341]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tulisan ini juga seru lho!close